GoForIt, Hidup di Dunia Serba Digital

29 Sep 2015

Smartfren, bagi saya bukan nama yang baru. Saya mengenal nama Fren, salah satu cikal bakal nama Smartfren, di tahun 2004 yang waktu itu di-bundling dengan salah satu vendor handset korea Samsung. Kala itu, nomor Fren ter-inject pada handset ponsel sehingga kita tidak bisa bebas berganti-ganti nomor. Tetapi, karena ponsel yang ter-inject nomor Fren itu mati, saya berpindah ke nomor GSM. baru di beberapa bulan ini saya menggunakan smartphone Andromax C3SI.

Di tahun-tahun awal menggunakan ponsel Fren itu hingga 2006 sering ada pertanyaan yang dilontarkan kepada saya, “mengapa memilih CDMA?”. Pertanyaan yang di waktu itu tidak mudak dijawab. Di iklan, sering disampaikan bahwa jika menggunakan nomor Fren dan kita pindah kota tidak perlu ganti nomor. Tetapi itu juga belum bisa menjawab karena ponsel GSM ketika dibawa keluar kota juga tidak perlu ganti nomor.

Kala itu sudah ada istilah EVDO yang dicantumkan pada buku manual ponsel bernomor Fren. EVDO, istilah yang baru dan tidak pernah kita tahu apa itu maksudnya. Dari pihak operator, disini adalah Fren, hanya menuliskan kurang lebih “EVDO memberikan konektivitas data yang cepat”. Yang ada di benak waktu itu adalah terkait dengan dunia internet. Tetapi, bayangan waktu itu belum sampai dalam memahami hubungan antara ponsel yang saya miliki dengan internet. Bagaimana mungkin ponsel yang hanya bisa untuk sms dan telpon bisa digunakan untuk internetan.

Lain dulu lain pula sekarang. Sekarang Fren telah bermetamorfosis menjadi Smartfren. Internetan menggunakan ponsel atau smartphone bukan hal yang asing. Internetan menggunakan komputer sekarang tidak harus pergi ke warnet, tinggal colokkan modem atau gunakan ponsel sebagai wifi. Dan, sekarang EVDO telah berevolusi menjadi Smartfren 4G LTE Advanced. Internetan di smartphone tidak lagi secepat kura-kura. Internet cepat bukan lagi impian.

Go For It, kita hidup di era serba digital. Pergi ke suatu tempat kita gunakan google map. Sampai di lokasi yang dituju, kita berselfie ria lalu digunakan sebagai Display Picture BBM. Perjalanan dan keceriaan di-upload ke youtube. Lapar makan di rumah makan, sebelum makan difoto lalu di-upload ke instagram. Dan bagi Blogger, keseluruhan perjalanan itu diabadikan dalam postingan blog. Dan masih banyak lagi hal yang dilakukan terkait kehidupan di dunia online. Akan menyebalkan ketika semua itu terhambat oleh koneksi internet yang lemot.

Hidup di dunia digital bagi sebagian orang, termasuk saya, sebagai gaya hidup juga sebagai kebutuhan hidup. Ibarat makanan, jika tidak bisa mengakses internet masih ada rasa lapar. Terlebih dalam kehidupan saya sebagai blogger, harus ada internet. Share postingan blog ke sosial media juga harus menggunakan intenet. Rasanya berat jika sudah terbiasa menggunakan laptop dengan modem atau smartphone tetapi harus pergi ke warnet untuk update blog. Bisa-bisa ketika sampai di warnet ide sudah menguap atau draft yang dibawa dari rumah sudah tidak up to date lagi.

Tetapi kita harus ingat, segala bentuk teknologi memiliki resiko. Sama seperti api, teknologi pertama yang ditemukan oleh manusia, jika kita tidak bisa mengendalikannya justru akan membakar diri kita sendiri. Seperti pisau, jika kita tidak bisa bersahabat justru akan melukai diri kita. Begitu pula teknologi internet jangan sampai mendekatkan yang jauh tetapi di sisi lain menjauhkan yang dekat. Teringat pesan dari seorang guru, teknologi bukan untuk dikuasai dan tidak pula boleh menguasai diri kita, tetapi kita dan teknologi harus bisa bersahabat sehingga kita dan teknologi justru menghasilkan manfaat.

GoForIt, hidup di dunia serba digital adalah kehidupan yang harus kita jalani. Kita tidak bisa mengelak karena memang sekarang sudah jamannya harus online. Semua terserah kita, mau memanfaatkan ke arah yang positif atau negatif. Kalau saya memilih untuk berpositif dan menyebarkan virus positif. Bagaimana dengan Anda? :)

 


TAGS 4G LTE 4G Smartfren Smartfren 4G Smartfren 4G LTE Advanced


-

Author

Farid Nugroho
@edisipertama
Hanya seorang blogger yang entah apakah masih pantas disebut blogger :)

Follow Me