Hormati Kemerdekaan, Hormati Veteran

11 Aug 2015

Sudahkah kita menghormati veteran? alasan klasik yang bisa kita jawab adalah “saya tidak mengenal seorang pun veteran”. kita bisa merasakan indahnya Indonesia saat ini berkat jasa para pahlawan termasuk di dalamnya yang kini berstatus veteran. kita sering menuntut pemerintah untuk mensejahterakan veteran di balik besarnya gaji para pejabat. lalu kita begitu lepas dengan kewajiban menghormati veteran?

Apakah Anda termasuk orang yang setuju dengan pernyataan “Indonesia belum merdeka”? Di mata saya, pernyataan tersebut telah tidak menghormati kemerdekaan Indonesia dan tidak pula menghormati veteran. ibaratnya kita telah menyapu halaman lalu ada orang yang lewat dan mengatakan halaman ini kotor dan tidak pernah disapu. bagaimana perasaan Anda?

Veteran telah berjuang atas kemerdekaan Indonesia. beliau-beliau sudah bertaruh jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia. mereka yang pernah merasakan bagaimana pedihnya dijajah dan mereka berjuang untuk keluar dari penjajahan itu. mereka keluar bukan untuk dirinya tetapi untuk bangsa, negeri, dan untuk kita, para generasi setelahnya. atas perjuangan mereka yang begitu besar dan tulus, kita dengan seenak udel mengatakan bahwa Indonesia belum merdeka. mereka berhak sakit hati atas pernyataan itu.

Minimal kita bisa mengatakan bahwa Indonesia telah merdeka. melihat kondisi saat ini yang seperti ini dan kemerdekaan Indonesia adalah dua paramater yang berbeda. Jika memang kita melihat Indonesia saat ini dalam keadaan yang serba susah, kita masih dalam rangka mengisi kemerdakaan. justru kita tidak semestinya mengeluhkan mengenai kemerdekaan Indonesia tetapi bagaimana kita mensyukuri dan mengisi kemerdekaan.

Indonesia saat ini sedang dirundung virus negatif. mengapa kita selalu terjebak dalam negativitas itu? sudah saatnya kita menyebarkan virus positif. dengan mengatakan bahwa Indonesia sudah merdeka, kita akan cenderung menjadi semangat untuk mengisinya. berbeda dengan ketika kita mengatakan bahwa Indonesia belum merdeka yang bernuansa negatif, kita akan cenedrung terjebak dalam lingkaran yang serba bersifat negatif. jika kita tidak bisa berbuat kebaikan setidaknya kita tidak memulai keburukan.

Katakan bahwa Indonesia sudah merdeka, hal sederhana untuk menghormati Indonesia dan menghormati veteran. karena perjuangan kita untuk negeri ini tidak ada seberapanya dibanding perjuangan mereka di medan juang. karena merekalah kita bisa merasakan kemerdekaan dari para kolonialis. :)


TAGS Indonesia veteran merdeka


-

Author

Farid Nugroho
@edisipertama
Hanya seorang blogger yang entah apakah masih pantas disebut blogger :)

Follow Me