Puasa Kok Berat Badan Malah Naik?

1 Jul 2015

Apakah anda termasuk yang mengalaminya, setelah berpuasa justru berat badan naik? atau ada dari Anda justru mengalami sebaliknya, berat badan justru turun? Apakah ada dari Anda yang berpuasa berniat salah satunya agar berat badan turun?

Dari kacamata saya, yang tidak memiliki latar belakang ilmu kedokteran dan sebenarnya tidak berkaca mata ini, ketika berpuasa justru berat badan kita mengarah kepada berat yang ideal. jika biasanya kita hanya memiliki berat badan 50 kg ternyata berat ideal kita seharusnya 55 kg, dengan berpuasa kita justru bisa mencapainya. begitu pula sebaliknya, ketika berpuasa kita justru menurunkan berat badan ketika kita sedang mengalami kelebihan berat badan. mengapa itu bisa terjadi?

Karena ketika berpuasa, kita memiliki pola makan yang teratur. bisa jadi ketika kita sedang tidak dalam kondisi berpuasa, kita makan pada waktu yang sembarangan. kadang kita sarapan jam 7 kadang pula kita baru sarapan jam 11 dirapel sekalian makan siang. lalu kita makan lagi jam 17 dan makan malam jam 20. bahkan kadang karena sorenya sudah makan, malamnya sudah tidak makan lagi. di sela-sela jam-jam tersebut kita ngemil. apakah Anda tipe orang yang demikian. kalau aku sih yes, ga tahu kalo Anang.

Sedangkan ketika berpuasa, kita dibatasi hanya makan sahur dan ketika berbuka. kadang ditambah setelah shalat tarawih itu pun jarang yang melakukan, kecuali menghabiskan sisa buka bersama di masjid *aku banget*. dengan makan yang teratur, maka organ pencernaan kita tahu kapan harusnya mereka bekerja dan kapan istirahat.

Bagaimana dengan ngemil? apakah setelah waktu berbuka kita masih suka ngemil? kita sering kali sudah merasa kenyang dan tidak ada nafsu lagi untuk ngemil, kecuali memang mendapat jatah snack dari masjid sehabis shalat tarawih. itu pun akan habis sebelum jam 9 malam. setelahnya kita tidur. masa iya sih ketika tidur kita masih mau ngemil.

Minum pun kita menjadi relatif lebih teratur. seperti iklan salah satu minuman mineral, ketika berpuasa pun kita tetap minum sebanyak 8 gelas air. mereka pun juga menjelaskan bahwa 8 gelas itu dikonsumsi 2 gelas ketika berbuka, 4 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas ketika sahur. tapi sejauh saya melakukannya, siap-siap setelah minum kita menjadi kebelet pipis :D

Berat badan bertambah bukan akhir segalanya, meski banyak wanita merasa dunia berhenti berputar :P. kalau memang kita berbuka, menjelang tidur, dan makan sahur dengan benar, maka kenaikan berat badan akan menjadi sebuah berkah dan menyehatkan. akan tetapi jika berat badan naik karena kita rakus dan sebagai “balas dendam”, itu tandanya Anda harus insyaf.

Tetapi di balik itu semua, kita harus meniatkan bahwa kita berpuasa adalah untuk beribadah. ketika ibadah telah kita lakukan, maka hal-hal keduniawian insya Allah akan kita peroleh. kita harus ingat salah satu hadist arba’in bahwa “segala amal itu tergantung pada niatnya dan ketika kita berniat pada sesuatu, sesuatu itulah yang akan kita peroleh”. Semoga dengan berpuasa kita sehat lahir batin. :)

 

 

ngaBLOGburit 2015


TAGS ngaBLOGburit2015


-

Author

Farid Nugroho
@edisipertama
Hanya seorang blogger yang entah apakah masih pantas disebut blogger :)

Follow Me