Branding Pribadi dengan Domain Pribadi

28 Dec 2014

setiap blogger adalah penjual. apa yang dijual? jual diri. maksudnya setiap blogger menjual apa pun potensi yang dimiliki oleh masing-masing blogger. jadi status penjual bukan hanya tersemat pada mereka blogger yang membuka online shop. apa pun isi dari blognya, blogger telah melakukan kegiatan branding dari diri masing-masing.

pernah saya membaca sebuah artikel yang isinya kurang lebih branding dapat diciptakan sebelum adanya merk bahkan sebelum adanya produk. jadi, setiap blogger adalah brand. bisa jadi blog tersebut sekaligus merk dagang dari blogger karena telah menghasilkan pundi-pundi rupiah, tetapi bisa pula hanya sebagai brand yang mana merk dan produknya masih tersembunyi.

kita ambil contoh, saya seorang blogger yang isi blog saya hanya berbicara tentang curhat, opini, dan tema yang tidak tentu arah. blog saya bukan blog yang ber-niche dan tanpa arus uang masuk ke kantong. tetapi blog ini adalah brand saya dimana bisa jadi suatu saat ketika saya memiliki suatu produk entah apa itu, saya telah memulai dengan menyebarkan brand tentang saya atau tentang produk saya lewat blog saya ini. atau bisa jadi ketika suatu saat saya ditawari sebuah pekerjaan, calon bos atau investor bisa melihat cara berfikir saya lewat blog saya ini.

para pro yang sudah memiliki nama pun terus menjual diri mereka dengan personal branding masing-masing. mereka membuat blog yang isinya sudah sesuai dengan merk atau passion dari masing-masing mereka. kebanyakan pro sudah tidak lagi menggunakan akun gratisan tetapi mereka menggunakan domain pribadi semisal dotcom. memang dengan domain dan hosting pribadi, mereka telah membangus istana mereka sendiri.

dengan menggunakan domain dan hosting pribadi, mereka bebas menggambarkan diri mereka dalam blog agar blog benar-benar merepresentasikan diri mereka tanpa adanya batasan sebagaimana yang sering terjadi ketika menggunakan layanan gratisan. memang layanan gratisan kini bukan lagi barang yang ‘ecek-ecek’ tetapi dengan menggunakan domain dan hosting pribadi, akan lebih mengantarkan pada personal branding yang sebenarnya.

jadi apakah kita mau mengikuti jejak para pro dengan menyematkan nama kita di domain pribadi? sekarang saatnya untuk melakukannya. dan salah satu penyedianya adalah qwords.com *akhirnya sebut merk juga* :)


TAGS Ngeblog SemangatNgeblog


-

Author

Farid Nugroho
@edisipertama
Hanya seorang blogger yang entah apakah masih pantas disebut blogger :)

Follow Me