Sedekah Adalah Recharge Energi Positif

17 Jul 2014

sedekah adalah sebuah peristiwa memberi dan diberi. bukah hanya harta, apa pun wujudnya, bisa kita niatkan sebagai sedekah. tersenyum kepada orang lain, menyingkirkan ranting pohon yang melintang di jalan, memberi boncengan kepada yang membutuhkan, dan lain sebagainya. tapi jangan sampai ketika ada kotak infak datang di depan kita lalu kita hanya memberi senyuman. hehehe

selama ramadhan, ajang kita untuk bersedekah sangat banyak. jika ada orang yang mengatakan susahnya bersedekah di bulan ramadhan, itu hanyalah alasan yang dibuat-buat. salah satunya memberi ta’jil kepada orang yang berpuasa, ia telah dijanjikan mendapat pahala sama seperti orang yang berpuasa tersebut.

kita bisa disebut bersedekah ketika ada yang menerimanya. baik orang yang menerima tersebut merasa atau tidak, yang pasti penerima itu pasti ada. ini adalah sebuah sistem dimana pemberi dan penerima sebagai entitas saling berinteraksi. pemberi memberikan sesuatu kepada si penerima sedangkan penerima secara sadar atau tidak juga memberi sesuatu kepada si pemberi.

bagi sebagaian besar orang, menerima sedekah akan memberikan ucapan terima kasih disertai doa kepada yang telah memberi. doa orang yang demikian insya Allah memiliki nilai yang lebih daripada doa orang yang sedang dalam kondisi biasa.

bagaimana dengan sedekah yang tidak terlihat oleh orang lain semisal menghilangkan gangguan di jalan? padahal orang yang lewat di jalan itu tidak tahu kalau sebelumnya ada gangguan yang telah kita singkirkan? tidak usah sedih, ketika jalan tersebut digunakan untuk kebaikan semisal jalan untuk mengaji, sekolah, atau pengajian, semoga kita terkena cipratan kebaikan dari orang-orang yang melaluinya.

pernahkah anda merasa ketika berbuat baik atau bersedekah meski tidak ada yang tahu anda melakukannya lalu anda merasa ada sesuatu yang beda dari diri anda? misal merasa lebih ganteng atau lebih cantik? hehehe. itu adalah energi positif yang langsung terasa. padahal ada energi positif yang lebih besar di masa mendatang yang menanti anda.

saya selalu ingat dengan pesan salah satu ustadz nasional, kita diwajibkan untuk berzakat. zakat adalah rukun Islam ke empat. berzakat bukan hanya memberi tetapi bagi kita yang tidak bisa memberi menerima zakat bukan lagi hak kita melainkan sebuah kewajiban. sedekah, zakat, infaq ada karena ada yang menerima. dan energi yang diberikan oleh penerima insya Allah akan besar manfaatnya kepada pemberi sedekah disamping pahala dan nikmat yang telah dijanjikan oleh Allah.


TAGS ngaBLOGburit


-

Author

Farid Nugroho
@edisipertama
Hanya seorang blogger yang entah apakah masih pantas disebut blogger :)

Follow Me